Image of JURNAL PENGARUH SELF-CONTROL TERHADAP AGRESIVITAS REMAJA
PADA PELAJAR SMP DAN SMU
DI SEKOLAH PERGURUAN NASIONAL

Text

JURNAL PENGARUH SELF-CONTROL TERHADAP AGRESIVITAS REMAJA PADA PELAJAR SMP DAN SMU DI SEKOLAH PERGURUAN NASIONAL



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-control yang meliputi behavior control, cognitive
control, dan decisional control terhadap agresivitas remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Subjek penelitian ini adalah siswa SMP dan SMU sekolah Pergunas n = 131. Teknik pengumpulan data dengan
kuesioner dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala Likert dengan dua variabel yaitu variabel Self
control dan Agresivitas. Teknis analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan wawancara sebagai sumber
data tambahan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor agresivitas rendah sebanyak 25 sampel (19,1%), skor sedang
sebanyak 106 sampel (80,9%) dan skor tinggi sebanyak 0 (0%). Sedangkan skor variabel self – control rendah
sebanyak 0 sampel (0%), skor sedang sebanyak 87 sampel (66,4%) dan skor tinggi sebanyak 44 sampel
(33,6%). Untuk nilai koefisien determinasi ( R square ) yang didapat adalah sebesar 0,317. Hal ini berarti bahwa
ketiga dimensi dari self control (behavior control, cognitive control dan decisional control) memberikan
sumbangsih sebesar 22,6% bagi perubahan variabel agresivitas. Dengan demikian 77,4% dipengaruhi oleh
dimensi lain selain ketiga dimensi dari variabel self control yang tidak terukur dalam penelitian ini dapat
memberikan perubahan terhadap variabel agresivitas.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Fakultas Psikologi Universitas Borobudur : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
2338 4689
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Vol. – No. – (2017)
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this